Sports

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Random Posts

Recent comments

Random Posts

Most Popular

CONTOH BLOG

Selamat Datang Di Penuliskaligrafi.com

Merupakan sebuah website resmi yang dibangun untuk memberikan wawasan di dunia seni kaligrafi. Melalui website ini anda juga bisa menggunakan layanan jasa kami

Pages

Name*


Message*

Rabu, 25 Desember 2013

Cara Mencari Surat dan Ayat Al-Quran

Posting ini saya tulis ketika sedang menggarap sebuat kaligrafi arab di sebuah musholla. Biasanya saya menghubungi kawan-kawan hafizh untuk menanyakan surat dan ayat berapa yang akan saya tulis. Akhirnya saya menemukan sebuat situs Al-Quran, situs ini berisi Al-Quran lengkap dan juga disertai dengan berbagai bahasa.

Kalau Sudah tau nomor surat dan ayat kita bisa langsung mengetiknya di alamat browser. Sebagai contoh, ketika kita mengetik http://quran.com/29/45 maka yang muncul adalah surat ke 29 ayat 45 seperti di gambar di bawah ini:


Untuk mencari ayat yang tidak kita ketahui surat dan urutan ayatnya cukup dengan mengetik di kotak pencarian di sebelah kanan atas. Kalau komputer kita punya fasilitas menulis Arab langsung ketik penggalan ayat yang mau dicari, tapi yang tidak punya ketik saya penggalan terjamahan dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang kita inginkan. Sebagai contoh saya mengetik "dirikanlah shalat" (tanpa tanda petik), maka mucullah beberapa ayat, salah satunya ayat di atas.

Selamat mencoba! dan kalau posting ini bermanfaat jangan sungkan untuk memberikan masukan atau komentar.

2 on: "Cara Mencari Surat dan Ayat Al-Quran"